Eksotika Wisata Alam Sampang Kota Bahari

Goa Lebar Sampang

Sampang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, provinsi Jawa Timur. Alam wilayah Sampang yang masih banyak yang alami, maka dapat dijadikan obyek wisata yang menarik di pulau Madura seperti Air Terjun Toroan, Hutan Kera Nepa, dan lain sebagainya.

Air Terjun Toro’an

Air Terjun Toro'an

Air Terjun Toro’an di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Sampang, masih sangat alami. Lokasi Air Terjun Toroan ini agak berbeda dengan air terjun yang banyak terdapat di pegunungan. Tingginya sekitar 20 meter, tidak sampai ratusan meter. Menariknya aliran air langsung menuju ke laut. Hijaunya pepohonan yang rindang di sekitar air terjun membuat suasana semakin sejuk dan asri.

Lelah selama menempuh perjalanan panjang menuju lokasi ini akan terbayar. Selain menikmati keindahan air terjun dari atas, wisatawan juga bisa asyik mandi di bawah derasnya air terjun tersebut.

Keadaan alam di sekitar Air Terjun Toroan masih sangat alami. Batu-batu yang besar dan masih utuh, mampu menahan gelombang ombak yang cukup deras. Pasirnya masih bersih di sepanjang bibir pantai. Wisatawan bisa juga menyaksikan matahari terbenam di lokasi Air Terjun Toroan yang memesona.

Hutan Kera Nepa

Hutan Kera Nepa

OBJEK wisata Hutan Kera Nepa terletak di Desa Nepa, yang berada di pesisir utara Sampang, Madura. Berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Sampang. Wisata Hutan Kera Nepa ini merupakan wisata yang unik. Hutan ini luasnya mencapai 1 kilometer persegi dikelilingi oleh sungai air tawar yang bermuara langsung ke laut, suatu perpaduan alam yang eksotis.

Letak Hutan Kera Nepa memang agak terpencil dan sedikit sulit untuk dilalui, tapi semua letih akan terbayar dengan berbagai keunikan dan pengalaman menarik yang bisa dinikmati di setiap sudut hutan. Tempat ini hampir mirip dengan Wisata Hutan Monyet Sangeh di Bali, hanya saja Hutan Kera Nepa dekat dengan laut, jadi dua keindahan bisa sekaligus didapat.

Untuk pengunjung yang datang, tidak perlu khawatir atau takut akan kera-kera ini, karena mereka jinak dan terbilang ramah. Pengunjung bisa membawa makanan kecil yang bisa diberikan kepada kera-kera tersebut.

Padukan Pantai Cantik dengan Hutan Kera

Pasca asyik bermain dengan ratusan kera liar, wisatawan bisa melepas penat dengan bermain pasir di laut. Desiran ombak kecil juga bakal membuat suasana hati menjadi damai.

Tak jauh dari lokasi Hutan Nepa, pengunjung juga masih bisa berfoto-foto di Bendungan Nepa. Bangunan kuno layaknya dinding Cina juga bisa kita dapati di sana.

Goa Lebar Sampang

Goa Lebar Sampang

Goa Lebar merupakan pilihan baru wisata di pusat kota Sampang. Lokasi goa yang teduh penuh rerimbunan pohon membuat wisata Goa Lebar yang berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kota Sampang menjadi pilihan baru berwisata.

Tampak para pengunjung baik muda-mudi serta rombongan keluarga berdatangan dan keluar masuk dari Goa Lebar untuk melihat suasana di dalam Goa Lebar.

Banyak pengunjung yang mengaku berwisata ke Goa Lebar ini tidak lain hanya ingin tahu lokasi Goa Lebar yang ada di Kota Sampang. Dan sekaligus untuk menikmati hari libur bersama keluarga. Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun, mencari tempat-tempat wisata, terutama setelah Lebaran.

Goa Lebar yang ada di Sampang cukup lumayan bagus untuk dijadikan tempat refreshing dan dijadikan tempat nyantai bersama keluarga.

Berada di dataran tinggi dengan taman dan konsep hutan di atas batu hingga pengunjung akan rasakan situasi yang sejuk dan nyaman. Karakter gua berdinding tebing tipe batu kapur berbentuk batu bata putih menambah keunikan.

Pengunjung bisa juga nikmati keelokan sunset dan panorama kota Sampang di sore hari. Karena ada di wilayah daratan tinggi, karena itu kota Sampang bisa kelihatan secara jelas dari sana. Saat malam hari panorama akan terlihat menarik dengan keelokan lampu kota.

Memang berkunjung ke Goa Lebar di Sampang ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

 

Eksotika Wisata Alam Sampang Kota Bahari

You May Also Like

About the Author: Arudam

Sekedar menulis catatan kecil tentang Madura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.